Penerapan Pendekatan Steam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPA

Authors

  • Fathimah Azzahra Universitas Nusa Putra
  • Sheryl Mutiara Putri Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p262-269

Keywords:

Critical Thinking, STEAM, Ilmu Pengetahuan Alam, Elementary School

Abstract

Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan sejak dini, terutama di jenjang sekolah dasar. Namun dalam praktiknya khususnya pada pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) masih sering dilakukan secara konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas pendekatan STEAM (Sciecnce, Technology, Engineering. Art. and Mathematic) dalam meningkatkan berpikir kritis siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji berbagai literature jurnal, dan sumber relevan dari hasil penelurusan 20 artikel, terpilih 12 artikel yang memenuhi kriteria tujuan peneliti, yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2020-2025). Hasil analisis menunjukkan pendekatan STEAM efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek yang mendorong proses analisis, pemecahan masalah dan pengambil keputusan ditandai dengan peningkatan keaktifan dalam proses pembelajaran serta hasil evaluasi yang lebih baik meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sarana dan kesiapan guru, namun pendekatan pembelajaran STEAM pada pelajaran IPA, direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran invatif ditingkat pendidikan dasar

Published

18.07.2025

How to Cite

Azzahra, F., & Putri, S. M. . (2025). Penerapan Pendekatan Steam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 262–269. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p262-269