Penerapan Pendekatan Steam dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p262-269Keywords:
Critical Thinking, STEAM, Ilmu Pengetahuan Alam, Elementary SchoolAbstract
Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan sejak dini, terutama di jenjang sekolah dasar. Namun dalam praktiknya khususnya pada pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) masih sering dilakukan secara konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas pendekatan STEAM (Sciecnce, Technology, Engineering. Art. and Mathematic) dalam meningkatkan berpikir kritis siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji berbagai literature jurnal, dan sumber relevan dari hasil penelurusan 20 artikel, terpilih 12 artikel yang memenuhi kriteria tujuan peneliti, yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2020-2025). Hasil analisis menunjukkan pendekatan STEAM efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek yang mendorong proses analisis, pemecahan masalah dan pengambil keputusan ditandai dengan peningkatan keaktifan dalam proses pembelajaran serta hasil evaluasi yang lebih baik meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sarana dan kesiapan guru, namun pendekatan pembelajaran STEAM pada pelajaran IPA, direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran invatif ditingkat pendidikan dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathimah Azzahra, Sheryl Mutiara Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.