Penerapan FERMATA AI dalam Pendidikan Musik untuk Meningkatkan Personal Awareness Mahasiswa Musik
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p320-334Keywords:
Pendidikan Musik, Kesadaran Personal, Identitas Musikal, Refleksi Naratif, Teknologi PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem digital FERMATA AI dalam pendidikan musik guna meningkatkan personal awareness mahasiswa terhadap identitas musikal dan orientasi karier mereka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan model pengembangan berbasis praktik edukatif. Subjek penelitian mencakup mahasiswa dan alumni program studi musik yang mengikuti lima fase refleksi melalui sistem berbasis kecerdasan buatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, analisis narasi, angket formatif, dan studi kasus longitudinal. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik interpretatif dengan koding reflektif dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem FERMATA AI membantu mahasiswa membentuk pemahaman yang terstruktur mengenai pengalaman musikal, nilai ekspresi, dan posisi personal dalam praktik musik. Sistem ini memfasilitasi proses refleksi naratif yang mendalam, membangun agensi estetik, serta mendorong penyusunan identitas musikal dan strategi profesional secara sadar. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi sistem digital reflektif ke dalam pembelajaran musik memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan kesadaran diri dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri kreatif masa kini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Enry Johan Jaohari, Zakarias Sukarya Soeteja, Muhammad Yuda Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.