Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka Berbasis Nilai-Nilai Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p402-410Keywords:
Teknologi Pendidikan, Kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana integrasi teknologi pendidikan dalam Kurikulum Merdeka dapat selaras dengan internalisasi nilai-nilai pancasila. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan proses pembelajaran yang fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada siswa. Di sisi lain, perkembangan teknologi membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun perlu diimbangi dengan penguatan karakter dan nilai-nilai kebangsaan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber rujukan dalam penelitian ini terdiri dari jurnal terakreditasi dan jurnal terindeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas, tetapi juga berpotensi menjadi sarana penguatan nilai-nilai pancasila, seperti toleransi, gotong royong, dan keadilan sosial, apabila dirancang secara kontekstual dan reflektif. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya kompetensi digital guru, dan kurangnya konten digital berbasis budaya lokal masih menjadi hambatan yang perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan yang mendukung pengembangan kapasitas guru, penguatan infrastruktur teknologi secara merata, serta produksi konten digital yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila dan karakter bangsa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agersi Diah Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.