Strategi Pengajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Keterampilan Analitis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v3i4.438Keywords:
Accounting Education, Technology, PBL, Analytical SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengajaran akuntansi yang mengintegrasikan teknologi dan pendekatan berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan keterampilan analitis mahasiswa pendidikan ekonomi di era Revolusi Industri 4.0. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi mempercepat pemahaman dasar akuntansi, PBL lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan analitis. Kombinasi kedua metode ini dapat meningkatkan keterampilan analitis mahasiswa, tetapi tantangan implementasinya tetap ada, terutama dalam kesiapan dosen dan mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan akuntansi yang lebih adaptif terhadap kebutuhan industri berbasis data dan teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Apriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.