Strategi Pengajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Keterampilan Analitis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Aulia Apriani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i4.438

Keywords:

Accounting Education, Technology, PBL, Analytical Skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengajaran akuntansi yang mengintegrasikan teknologi dan pendekatan berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan keterampilan analitis mahasiswa pendidikan ekonomi di era Revolusi Industri 4.0. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi mempercepat pemahaman dasar akuntansi, PBL lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan analitis. Kombinasi kedua metode ini dapat meningkatkan keterampilan analitis mahasiswa, tetapi tantangan implementasinya tetap ada, terutama dalam kesiapan dosen dan mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan akuntansi yang lebih adaptif terhadap kebutuhan industri berbasis data dan teknologi.

Published

30.10.2024

How to Cite

Apriani, A. (2024). Strategi Pengajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Keterampilan Analitis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(4), 200–206. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i4.438