Penilaian Kinerja Sekolah Dengan Metode Balance Scorecard di MAN 3 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.p61-70Keywords:
Balance Scorecard, Penilaian Kinerja SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja MAN 3 Pekanbaru dengan menggunakan metode Balance Scorecard (BSC) yang mengukur kinerja sekolah dari empat perspektif: keuangan, proses internal, pertumbuhan dan pembelajaran, serta pelanggan (stakeholder). Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan analisis dokumen yang melibatkan guru, siswa, orang tua, dan pengelola dana sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 3 Pekanbaru memiliki pengelolaan keuangan yang baik, dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi dalam penggunaan Dana BOS dan BOSDA. Dalam perspektif proses internal, sekolah menunjukkan kualitas pengajaran yang tinggi, namun masih perlu peningkatan dalam penggunaan teknologi dan pelatihan berkelanjutan bagi guru. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan tingkat kepuasan siswa yang tinggi terhadap pengajaran, namun masih ada ruang untuk memperkaya program ekstrakurikuler. Perspektif pelanggan (stakeholder) menunjukkan bahwa orang tua terlibat baik dalam kegiatan sekolah, meskipun ada harapan untuk perbaikan fasilitas dan teknologi. Secara keseluruhan, hasil pengukuran kinerja menunjukkan bahwa MAN 3 Pekanbaru telah mencapai kinerja yang baik di empat perspektif, meskipun masih perlu diversifikasi sumber dana dan peningkatan fasilitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Roza Sri Susanti, Vinda Sulvitri, Maharani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.