Pengembangan Media Pembelajaran Android “Sosial Asik” dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Zachra Nabila Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Erlisnawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.243

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, Pekerjaan di Sekitarku, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Sosial Asik” pada materi Pekerjaan di Sekitarku untuk kelas IV Sekolah Dasar yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang peneliti gunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama dari hasil uji kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media. Penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase 83,13% dengan kategori sangat layak dan ahli media memperoleh nilai 92,38% dengan kategori sangat layak. Berikutnya penilaian dari pendidik dan peserta didik. Hasil penilaian dari pendidik I yaitu 100% dengan kategori sangat layak, dan pendidik II yaitu 97,18% dengan kategori sangat layak. Kemudian peserta didik memperoleh nilai 95,3% dengan kategori sangat layak pada uji kelompok satu-satu dan 94,4% dengan kategori sangat layak pada uji kelompok kecil..

Published

31.01.2025

How to Cite

Nabila, Z. ., & Erlisnawati. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Android “Sosial Asik” dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(1), 17–31. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.243