EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG TRIGONOMETRI MELALUI METODE JIGSAW BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Hermanto Universitas Bakti Indonesia
  • Mita Akbar Sukmarini Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.28

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Metode Jigsaw, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media pembelajaran berbasis android yang efektif untuk meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembahasan trigonometri menggunakan metode jigsaw. Metode penelitian menggunakan metode komparasi dan eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelasiXIa sebagaiikelas kontrolidan kelasiXId sebagaiikelasieksperimen, dimanaimasing-masing kelas terdiri dari 25 peserta didik. Pertemuan yang dilaksanakan yaitu 6 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran jigsaw menggunakan mediaiberbasis android untukikelas Eksperimenidan metode konvensional untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  yaitu  maka semua kelas di nyatakan homogen dan dengan nilai 12.28  1.978. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan jigsaw. Hal ini dikarenakan penggunaan media android pada metode jigsaw lebih menarik minat dibandingan dengan menggunakan metodeikonvensional. Sehingga penggunakan metode jigsaw berbantu android akan lebih efektif dalam proses pembelajaran matematika.

 

Published

30.04.2022

How to Cite

Hermanto, & Sukmarini, M. A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG TRIGONOMETRI MELALUI METODE JIGSAW BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID . Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.28