PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 007 KAMPUNG BARU GUNUNG TOAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.134Keywords:
Teaching Materials, Picture Stories, Economic ActivityAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar LKS berbasis cerita bergambar materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia yang memenuhi kriteria valid dan sangat layak. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE dengan lima tahap pengembangan, yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Jenis diambil dari kelayakan dan kualitas media. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi untuk mengukur kelayakan media dan respon siswa untuk mengukur kualitas media. Subjek dalam penelitian berjumlah 12 siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis cerita bergambar materi kegiatan ekonomi mayarakat Indonesia memenuhi kriteria valid dan sangat layak dengan persentase validator ahli materi sebesar 86,45%, ahli media sebesar 90,13%, dan praktisi sebesar 91,80%, persentase uji coba satu-satu adalah 84,16%, dan uji coba terbatas mendapatkan skor persentase 87,29. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis cerita bergambar sudah layak digunakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riska Rahayu, Erlisnawati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.