PENGGUNAAN PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA PADA BATIK PAOMAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fajar Ikhlasul Amal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Supiardi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.167

Keywords:

Ethnomatematics Learning, Paoman Batik, Creative Thinking

Abstract

Pendidikan dan budaya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya sangat penting untuk membentuk siapa kita sebagai individu dan bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Etnomatematika, dianggap sebagai salah satu yang dapat menutup kesenjangan budaya antara pendidik dan siswa matematika. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang terdiri dari Etnografi dan Didactical Design Research (DDR), Penelitian Etnografi dilakukan di Rumah Batik Paoman Indrmayu diantaranya yaitu Ella Collection dan Teguh Batik Penelitian ini terdiri dari tiga proses yaitu tes learning obstacle (LO), desain didaktis awal (DDA), dan revisi desain didaktis (RDD) yang dilakukan di SDN Sindangmandi Kec. Baros Kab. Serang Banten. Pada Saat tes Learning Obstacle (LO) peneliti menggunakan siswa kelas V yang terdiri dari 14 siswa. Pada tes Desain Didaktis Awal (DDA) peneliti dengan menggunakan siswa kelas IV A yang berjumlah 16 siswa. Sedangkan pada saat Revisi Desain Didaktis (RDD) peneliti menggunakan siswa kelas IV B yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa melalui desain didaktis, proses belajar siswa menjadi meningkat, tingkat pemahaman siswa terhadap materi bangun datar juga menjadi meningkat. Kemampuan berfikir kreatif siswa meningkat terlihat dari berkurangnya kesulitan-kesulitan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal berfikir kreatif pada materi bangun datar. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap desain didaktis yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan hasil desain awal dan desain revisi yang sudah dimplementasikan menunjukkan adanya pengembangan kemampuan siswa setelah menggunakan bahan ajar pada desain didaktis yang disusun peneliti.

Published

30.04.2023

How to Cite

Amal, F. I. ., & Supiardi. (2023). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA PADA BATIK PAOMAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.167