Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Literasi dalam Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Lidya Fitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.242

Keywords:

Media Literasi, Buku Cerita Bergambar, Pendidikan Karakter, Budaya 5S

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar yang layak sebagai media literasi dalam upaya penanaman pendidikan karakter melalui budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) untuk siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan angket validasi. Kelayakan buku cerita bergambar yang memuat tema budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) diperoleh dari hasil uji validasi ahli materi, uji validasi ahli media, dan uji praktikalitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh 87.5% dengan kategori sangat layak. Validasi ahli media memperoleh 88.56% dengan kategori sangat layak. Uji praktikalitas guru memperoleh 93.18% dengan memperoleh kategori sangat layak. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang memuat tema budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) sangat layak digunakan sebagai media literasi dalam upaya penanaman pendidikan karakter pada siswa kelas I sekolah dasar.

 

Published

31.01.2025

How to Cite

Fitri, L. (2025). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Literasi dalam Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.242