PENDIDIKAN LITERASI DALAM PROGRAM DESA BAHASA BOROBUDUR

Authors

  • Annisa Rizky Fadilla Program Studi Magister Bahasa dan Sastra Indonesia, FBSB, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Putri Ayu Wulandari Program Studi Magister Bahasa dan Sastra Indonesia, FBSB, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.180

Keywords:

Pendidikan Literasi, Pengaruh Literasi, Desa Bahasa Borobudur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan wujud program dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di Desa Bahasa Borobudur, dan (2) mendeskripsikan pengaruh program penumbuhkembangan budaya literasi terhadap tingkat literasi masyarakat di Desa Bahasa Borobudur. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) observasi partisipan, dan (2) wawancara mendalam. Instrumen penelitian pengembangan ini berupa peneliti, buku catatan, tape recoder (audio/video), kamera, lembar panduan wawancara, lembar panduan observasi, transkrip hasil wawancara, dan lembar analisis dokumen. Subjek penelitian pengembangan ini adalah pengelola, peserta, dan masyarakat sekitar Desa Bahasa Borobudur. Subjek penelitian adalah pengelola dengan jumlah tiga orang (satu perintis dan dua staf), peserta dengan jumlah dua orang, dan satu orang kepala dusun. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud program pendidikan literasi di Desa Bahasa Borobudur berupa wujud nonfisik (program pengajaran lima bahasa) yaitu program utama Desa Bahasa Borobudur, SPEC, Pesantren Bahasa, dan Kedai 3 Bahasa. Wujud fisik berupa pengadaan fasilitas utama dan fasilitas pendukung pendidikan literasi. Wujud program literasi di Desa Bahasa Borobudur telah memenuhi prinsip pendidikan literasi dan prinsip program Gerakan Literasi Nasional (GLN). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Desa Bahasa Borobudur cukup berpengaruh dalam upaya penumbuhkembangan budaya literasi dan tingkat literasi masyarakat, baik dalam bidang kecakapan berbahasa maupun bidang kehidupan masyarakat yang lain. Hasil penelitian dapat membantu masyarakat, pemerintah, dan peneliti untuk memahami pentingnya pendidikan literasi bagi kehidupan

Published

30.04.2023

How to Cite

Fadilla, A. R., & Putri Ayu. (2023). PENDIDIKAN LITERASI DALAM PROGRAM DESA BAHASA BOROBUDUR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 126–135. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.180