Pengembangan Bahan Ajar Open Ended Terintegrasi Kearifan Lokal Bangkalan untuk Meningkatkan Penalaran Matematis dan Literasi Budaya
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p161-171Keywords:
Penalaran Matematika, Open Ended, Literasi Budaya, Bahan AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk bahan ajar open ended terintegrasi kearifan lokal Bangkalan untuk meningkatkan penalaran matematis dan literasi budaya siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang melibatkan subjek guru dan 34 siswa kelas IVA SDN Demangan 1 Bangkalan. Desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui teknik angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sejalan dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk bahan ajar yang dikembangkan mendapat skor 90% untuk kevalidan, rata- rata tes 84 dengan persentase jumlah siswa tuntas 88% untuk keefektifan, dan 92% untuk kepraktisan. Hal ini menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria kelayakan diantaranya dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis dan literasi budaya siswa masing- masing pada skor gain 76% dengan kriteria tinggi dan 65% dengan kriteria sedang setelah menggunakan produk bahan ajar. Sehingga, dapat disimpulkan jika produk layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matmatis dan literasi budaya siswa kelas IV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atika Maulidina Hs, Liyana Dian Prastiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.