Mengkaji Secara Konseptual dan Aplikatif isu-isu Utama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Barkah Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p356-361

Keywords:

Bahasa Indonesia, Literasi Kritis, Pembelajaran Abad-21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual dan aplikatif isu-isu utama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan uraian tematik dalam buku Kapita Selekta Bahasa Indonesia karya Resmini dan Hartati. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian pustaka untuk menganalisis kedudukan, fungsi, dan tantangan strategis Bahasa Indonesia dalam konteks pendidikan nasional dan perkembangan era literasi digital. Fokus analisis diarahkan pada ranah linguistik, keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis), serta integrasi nilai budaya dan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran multidimensional sebagai sarana komunikasi ilmiah, ekspresi budaya, dan pembentukan jati diri bangsa. Namun demikian, pelaksanaannya masih menghadapi tantangan seperti dominasi pendekatan struktural-gramatikal, rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan minimnya inovasi dalam penggunaan media literasi multimodal. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan strategi pembelajaran yang lebih komunikatif, kontekstual, dan reflektif agar Bahasa Indonesia tidak hanya dipahami sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai wahana peradaban dan transformasi sosial dalam pembelajaran abad ke-21.

Published

24.07.2025

How to Cite

Barkah. (2025). Mengkaji Secara Konseptual dan Aplikatif isu-isu Utama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 356–361. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p356-361