Pengembangan Vidio Animasi Berbasis Storytelling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 4 MIM 16 Karangasem Paciran

Authors

  • Muhammad Rizky Maulidin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FSTP, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Oriza Zativalen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FSTP, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Ari Susandi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FSTP, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p453-464

Keywords:

Video Animasi, Storytelling, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis storytelling yang dirancang sesuai karakteristik siswa guna meningkatkan minat dan motivasi belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MIM 16 Karangasem Paciran. Metode penelitian menggunakan model ADDIE dengan desain control group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi angket respon dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media sangat valid digunakan dengan validasi ahli media 92,5%, ahli desain 96,25%, ahli materi 97,35%, validasi perangkat pembelajaran 97,70%, dan angket minat baca 94,73%; (2) media sangat praktis dengan skor respon siswa 90% (kelompok kecil) dan 91% (kelompok besar). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media video animasi berbasis storytelling mampu mengatasi permasalahan rendahnya minat dan motivasi belajar siswa, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Published

31.07.2025

How to Cite

Maulidin, M. R., Zativalen, O. ., & Susandi, A. (2025). Pengembangan Vidio Animasi Berbasis Storytelling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 4 MIM 16 Karangasem Paciran. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 453–464. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p453-464

Most read articles by the same author(s)