KAJIAN STRUKTURAL NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KRISNA PABICAHARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Nanyk Sudarwati Wulandesember Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia
  • Hanin Fathan Nurfina Istiqomah Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia
  • Ulya Nurul Laili Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia
  • Nurul Mutmainah Universitas Bakti Indonesia, Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.200

Keywords:

Kajian Struktural, Intrinsik, Novel, Media Pembelajaran

Abstract

Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara merupakan salah satu novel populer yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian struktural unsur intrinsik dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Terdapat 5 (lima) unsur intrinsik yang mendominasi diantaranya adalah tema, alur, latar, penokohan serta sudut pandang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis novel secara menyeluruh. Novel ini mengangkat kisah dari mimpi seorang anak yang mendambakan sepatu sejak kecil. Berbagai proses kehidupan tidak menyurutkan langkahnya agar memiliki sepasang sepatu. Terdapat 7 tokoh penting dari 34 tokoh yang dilibatkan dalam novel. Sosok Dahlan menjadi tokoh utama dalam rangkaian cerita. Hasil kajian struktural unsur intrinsik novel ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SMA untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik novel. Selain itu, nilai-nilai kehidupan yang terkadung dapat diaplikasikan pada pembelajaran kehidupan sehari-hari

Published

31.07.2023

How to Cite

Wulandesember, N. S. ., Istiqomah, H. F. N., Laili, U. N., & Mutmainah, N. (2023). KAJIAN STRUKTURAL NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KRISNA PABICAHARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 298–304. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.200