KAJIAN STRUKTURAL NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KRISNA PABICAHARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.200Keywords:
Kajian Struktural, Intrinsik, Novel, Media PembelajaranAbstract
Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara merupakan salah satu novel populer yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian struktural unsur intrinsik dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Terdapat 5 (lima) unsur intrinsik yang mendominasi diantaranya adalah tema, alur, latar, penokohan serta sudut pandang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis novel secara menyeluruh. Novel ini mengangkat kisah dari mimpi seorang anak yang mendambakan sepatu sejak kecil. Berbagai proses kehidupan tidak menyurutkan langkahnya agar memiliki sepasang sepatu. Terdapat 7 tokoh penting dari 34 tokoh yang dilibatkan dalam novel. Sosok Dahlan menjadi tokoh utama dalam rangkaian cerita. Hasil kajian struktural unsur intrinsik novel ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SMA untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik novel. Selain itu, nilai-nilai kehidupan yang terkadung dapat diaplikasikan pada pembelajaran kehidupan sehari-hari
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanyk Sudarwati Wulandesember, Hanin Fathan Nurfina Istiqomah, Ulya Nurul Laili, Nurul Mutmainah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.