Implementasi Pendekatan dengan Model Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Buku Fiksi Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.215Keywords:
Pendekatan Proses, Model Pembelajaran Berdiferensiasi, Keterampilan Membaca Intensif, Buku FiksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penerapan pendekatan proses dengan model pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII MTs Sabielil Muttaqien dan untuk mengetahui keterampilan membaca intensif peserta didik setelah melaksanakan kegiatan membaca intensif buku fiksi dengan pendekatan proses dengan model pembelajaran berdiferensiasi.
Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dari kegiatan penelitian yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Pada pertemuan I kegiatan membaca intensif buku fiksi dengan cerita yang sama sebanyak 3 lembar dengan durasi waktu 10 menit dapat tercapai. Pada pertemuan II dengan cerita yang berbeda, jumlah lembar yang sama dengan pertemuan I yaitu sebanyak 3 lembar , dan durasi waktu yang berbeda dengan pertemuan I yaitu maksimal 8 menit, dapat tercapai dengan durasi waktu lebih meningkat daripada pertemuan I. Pada pertemuan III dengan cerita yang berbeda dengan pertemuan II, jumlah lembar yang lebih banyak dari pertemuan II yaitu sebanyak 5 lembar, dan durasi waktu yang sama dengan pertemuan II yaitu maksimal 8 menit, dapat tercapai dengan durasi waktu lebih meningkat meskipun dengan lembar cerita yang lebih banyak. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif peserta didik semakin meningkat..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Uswatun Hasanah, Ulya Nurul Laili, Arina Risalatul Hasanah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.