Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Olifio Daudi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Wulandari Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p210-224

Keywords:

Inkuiri terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Perubahan energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen tipe Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gedang 1 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan jenis random sampling. Sampel berjumlah 20 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes pilihan ganda berdasarkan enam indikator keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value < 0,05 antara hasil posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara hasil posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan dari penelitian adalah model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa sekolah dasar.

Published

17.07.2025

How to Cite

Daudi, O., & Wulandari, F. W. (2025). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 210–224. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p210-224