Analisis Penggunaan Media Wayang Suku Raga Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Irne Sintia Universitas Nusa Putra
  • Wiwin Winarni Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p250-255

Keywords:

Wayang Suku Raga, Pendidikan Karakter, Budaya Lokal, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Wayang Suku Raga dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui studi literatur. Wayang Suku Raga sebagai bagian dari warisan budaya lokal memiliki potensi besar dalam menyampaikan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif, menganalisis sejumlah sumber seperti buku dan artikel ilmiah terkait. Hasil studi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis budaya lokal, khususnya Wayang Suku Raga, mampu memperkuat identitas budaya siswa sekaligus menumbuhkan karakter positif. Meskipun demikian, efektivitasnya dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, sehingga implementasi media ini memerlukan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran tematik. Studi ini merekomendasikan pemanfaatan lebih lanjut Wayang Suku Raga dalam kegiatan pendidikan karakter di sekolah dasar.

Published

18.07.2025

How to Cite

Sintia, I., & Winarni, W. (2025). Analisis Penggunaan Media Wayang Suku Raga Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 250–255. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p250-255