Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 190 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p575-584Keywords:
Animated Video Media; Interest in Learning; Elementery SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media video animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 190 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental. Populasi penelitian berjumlah 84 siswa, dengan pengambilan sampel secara sampling jenuh sebanyak 26 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test, uji regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penguatan praktik pemilihan media pembelajaran interaktif berbasis audiovisual di sekolah dasar, khususnya dalam mendukung keterlibatan dan motivasi belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Purdianti, Leny Julia Lingga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.