Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 190 Pekanbaru

Authors

  • Ika Purdianti Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p575-584

Keywords:

Animated Video Media; Interest in Learning; Elementery School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media video animasi terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 190 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental. Populasi penelitian berjumlah 84 siswa, dengan pengambilan sampel secara sampling jenuh sebanyak 26 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test, uji regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penguatan praktik pemilihan media pembelajaran interaktif berbasis audiovisual di sekolah dasar, khususnya dalam mendukung keterlibatan dan motivasi belajar siswa.

Published

31.07.2025

How to Cite

Purdianti, I., & Lingga, L. J. . (2025). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 190 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 575–584. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p575-584