MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BATANAM

Authors

  • Jannatul Ma'wa Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Ari Hidayat Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.195

Keywords:

Aktivitas Belajar, Kemampuan Berfikir kritis, Model Pembelajaran, BATANAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah belajar menggunakan model pembelajaran BATANAM pada muatan IPA. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian sebagai berikut setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajarn BATANAM aktivitas siswa yang pada pertemuan 1 secara klasikal berada pada kriteria kurang aktif dengan persentase 54,54% meningkat hingga 100% dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 4. Begitu juga dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 berada pada kriteria kurang kritis dengan persentase 0,00% meningkat hingga 100% dengan kriteria sangat aktif pada pertemuan 4. Dengan demiian model pembelajaran BATANAM yang digunakan dalam pembelajaran efektif dalam meningkakan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published

31.07.2023

How to Cite

Jannatul, & Hidayat, A. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BATANAM . Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 278–284. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.195