PENGEMBANGAN MODUL DARING BERBASIS OPEN ENDED LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

Authors

  • Vynia Martharisha Putri Universitas Bung Hatta
  • Zulfa Amrina Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.8

Keywords:

Modul Daring, Open Ended Learning, Keliling dan Luas Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul daring berbasis open ended learning yang valid dan praktis pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini model pengembangan dibatasi menjadi 3-D dengan tahapan yaitu: define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui angket validitas dan praktikalitas. Rancangan modul yang telah dirancang divalidasi oleh tiga ahli, sedangkan uji praktikalitas didapat dari respon pendidik dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data validitas menunjukkan bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 90,62%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori praktis dengan persentase 86,11% oleh pendidik, dan 91,11% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul daring berbasis open ended learning pada materi keliling dan luas bangun datar memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.

 

Published

31.01.2022

How to Cite

Putri, V. M., & Amrina, Z. (2022). PENGEMBANGAN MODUL DARING BERBASIS OPEN ENDED LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR . Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.8