PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Devi Safitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Munjiatun Munjiatun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.70

Keywords:

Diorama Media, Learning outcomes, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPS tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD Negeri 193 Pekanbaru. Penelitian menggunakan metode Quasi Experimental Type One Group Pretest-Postest Design yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan berupa tes. Hasil menunjukkan ada peningkatan penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPS tema daerah tempat tinggalku materi kegiatan ekonomi dan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa pada siswa kelas IV SD Negeri 193 Pekanbaru dengan penggunaan media diorama. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test lebih besar dari rata-rata pre test. Rata-rata post test sebesar 85,3 yang berada pada kategori sangat baik dan rata-rata pre test sebesar 63,3 yang berada pada kategori cukup. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 64,74 termasuk dalam kategori cukup efektif. 

Published

31.10.2022

How to Cite

Safitri, D., & Munjiatun, M. (2022). PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 268–278. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.70