Efektivitas Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Handri Universitas PGRI Argopuro
  • Mohamad Il Badri Universitas PGRI Argopuro
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p232-240

Keywords:

Pembelajaran, Media Videoscribe, Hasil Belajar

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut pendidik lebih menguasai teknologi yang lebih modern. Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif penting untuk menciptakan suasana pembelajaran yang berorientasi pada student center. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu videoscribe. Melalui media videoscribe fakta-fakta Sejarah yang sulit dipahami bisa ditampilkan dalam bentuk audio-visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Desain yang digunakan desain pre-test dan post-test kelompok tak ekuivalen. Tempat penelitian adalah Madrasah Aliyah Al Hasan dengan populasi kelas XI IPS. Sampel yang digunakan kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Berdasarkan hasil uji t non independen pada kelas eksperimen nilai t hitung sebesar 3,533 dan kelas kontrol sebesar 1,868. Hasil uji t independen pada data post-test 2,194. Berdasarkan hasil tersebut kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media videoscribe terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah.

Published

18.07.2025

How to Cite

Handri, M., Il Badri, M., & Arifin, I. F. . (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 232–240. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p232-240