PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN PERMULAAN DENGAN METODE KATA LEMBAGA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.36Keywords:
Pengembangan, Bahan Bacaan Permulaan, Metode Kata Lembaga, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analyse (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluasi (evaluasi). Pengeumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui proses validasi dengan validator.jenis data yang dihasilkan berupa anlisis deskriptif yang di anlisis menggunakan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk.Hasil validasi dari para ahli menyatakan produk bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I Sekolah Dasar yang dikembangkan oleh penelitian sangat layak digunakan. Penilaian ahli media dengan persentase rata-rata skor 87,5% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata skor 93,7% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli pengguna (media) dengan persentase rata-rata skor 87,5% dengan kategori sangat layak, dan penilaian ahli pengguna (materi) dengan persentase rata-rata skor 90,6% dengan kategori sangat layak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ayu Wildasari (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.