PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN PERMULAAN DENGAN METODE KATA LEMBAGA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ayu Wildasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.36

Keywords:

Pengembangan, Bahan Bacaan Permulaan, Metode Kata Lembaga, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan pengembangan bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analyse (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluasi (evaluasi). Pengeumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui proses validasi dengan validator.jenis data yang dihasilkan berupa anlisis deskriptif yang di anlisis menggunakan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk.Hasil validasi dari para ahli menyatakan produk bahan bacaan permulaan dengan metode kata lembaga pada siswa kelas I Sekolah Dasar yang dikembangkan oleh penelitian sangat layak digunakan. Penilaian ahli media dengan persentase rata-rata skor 87,5% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata skor 93,7% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli pengguna (media) dengan persentase rata-rata skor 87,5% dengan kategori sangat layak, dan penilaian ahli pengguna (materi) dengan persentase rata-rata skor 90,6% dengan kategori sangat layak.

Published

30.04.2022

How to Cite

Wildasari, A. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN PERMULAAN DENGAN METODE KATA LEMBAGA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.36