PENGEMBANGAN MEDIA CREDIPUP UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rozzana Elisa Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.139

Keywords:

Credipup Media, Learning Interest, Student

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Credipup dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial guna meningkatkan minat belajar peserta didik kelas 6 MI Muhammadiyah 2 Banyuurip. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) hasil modifikasi menurut Branch. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar validasi, dan angket respon. Dalam penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data, yaitu analisis hasil validasi untuk mengetahui kevalidan media dan analisis hasil angket untuk mengetahui keefektifan media dalam meningkatkan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media Credipup pada aspek kelayakan isi  88,57% dengan kategori sangat valid,  pada aspek kelayakan kebahasaan 73,3% dengan kategori valid, dan aspek kelayakan kegrafikan 77% dengan kategori valid. Hasil angket respon peserta didik kelas 6 pada pembelajaran pertama mencapai 81%, pada pembelajaran kedua 78,8%, dan pada pembelajaran ketiga mencapai 81,66%. Hasil rekapitulasi angket respon diperoleh rata-rata persentase skor yang mencapai 80,49% %, sehingga media Credipup dikategorikan valid dan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.

Published

31.01.2023

How to Cite

Elisa, R., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA CREDIPUP UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.139

Most read articles by the same author(s)