PENGEMBANGAN MEDIA CREDIPUP UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.139Keywords:
Credipup Media, Learning Interest, StudentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Credipup dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial guna meningkatkan minat belajar peserta didik kelas 6 MI Muhammadiyah 2 Banyuurip. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) hasil modifikasi menurut Branch. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar validasi, dan angket respon. Dalam penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data, yaitu analisis hasil validasi untuk mengetahui kevalidan media dan analisis hasil angket untuk mengetahui keefektifan media dalam meningkatkan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media Credipup pada aspek kelayakan isi 88,57% dengan kategori sangat valid, pada aspek kelayakan kebahasaan 73,3% dengan kategori valid, dan aspek kelayakan kegrafikan 77% dengan kategori valid. Hasil angket respon peserta didik kelas 6 pada pembelajaran pertama mencapai 81%, pada pembelajaran kedua 78,8%, dan pada pembelajaran ketiga mencapai 81,66%. Hasil rekapitulasi angket respon diperoleh rata-rata persentase skor yang mencapai 80,49% %, sehingga media Credipup dikategorikan valid dan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rozzana Elisa, Arya Setya Nugroho, Nataria Wahyuning Subayani (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.