Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 123 Pekanbaru

Authors

  • Aldina Islami Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.227

Keywords:

kemampuan membaca, kemampuan menentukan ide utama

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan membaca siswa untuk memahami dan mengartikan teks tertulis agar siswa dapat memperoleh informasi dan makna dari apa yang kita baca.membaca melibatkan proses berpikir dan mengenalkan kata-kata, serta berinteraksi dengan teks untuk mencari dan memahami pesan yang ingin disampaikan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 123 Pekanbaru dengan jumlah siswa 41 siswa. Data yang digunakan berupa soal teks objektif yang berjumlah 20 butir dan menggunakan teknik analisa data yang bersifat kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pada siswa dalam memahami makna kata dan kalimat, kemampuan memahami isi paragraf, kemampuan menentukan ide utama, kemampuan mengurutkan kalimat yang benar, dan kemampuan mengurutkan kalimat yang benar. Dari hasil penelitian ini masih ada beberapa siswa yang tergolong dalam golongan kurang.

Published

30.04.2025

How to Cite

Islami, A. (2025). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 123 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(2), 97–105. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.227