ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL OPEN-ENDED

Authors

  • Diah Wahyuni STKIP Muhammadiyah Blora
  • Bening Sri Palupi STKIP Muhammadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis, Open Ended, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif matematis menjadi modal utama bagi individu dalam menghadapi perkembangan abad 21. Kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui kurikulum 2013 juga memberi fokus pada ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 1 Beran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes melalui soal open-ended. Analisis interaktif Milles & Huberman digunakan untuk menganalisis data. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kreatif matematis siswa di sekolah tersebut berada pada tingkat 2 (cukup kreatif).

Published

30.04.2022

How to Cite

Wahyuni, D., & Palupi, B. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL OPEN-ENDED. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30