ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PADA BENTUK KUTUB BILANGAN KOMPLEKS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Authors

  • Nida Sri Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.99

Keywords:

Eror Analysis, Complex Analysis, Independen Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika semester keenam. Kesalahan  yang diteliti adalah tentang mahasiswa matematika dalam menentukan bentuk kutub bilangan kompleks, pada materi analisis kompleks. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester empat di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun akademik 2021/2022. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemandirian belajar tinggi dan sedang tidak terdapat kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses ,  dan kesalahan penulisan jawaban. Mahasiswa dengan kemandirian belajar rendah tidak terdapat kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, namun ada kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban

Published

31.10.2022

How to Cite

Sri Utami, N. S. (2022). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PADA BENTUK KUTUB BILANGAN KOMPLEKS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 237–246. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.99