STUDI TENTANG KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.109Keywords:
Kesulitan Membaca Permulaan, Sekolah Dasar, Studi KasusAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa dan faktor-faktor dari kesulitan membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan orangtua dengan subjek penelitian adalah seorang siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian ini adalah kesulitan membaca permulaan yang dialami seperti tidak lancar dalam membaca, banyak kesalahan dalam membaca, sulit membedakan huruf yang hampir mirip, dan kesalahan dalam pelafalan kata atau simbol bunyi. Faktor-faktornya adalah faktor internal yaitu minat dan kemampuan kognitif siswa serta faktor eksternal yaitu orangtua dan peralihan sistem pembelajaran era Covid-19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Saidah Hanisah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.