STUDI TENTANG KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Saidah Hanisah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.109

Keywords:

Kesulitan Membaca Permulaan, Sekolah Dasar, Studi Kasus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa dan faktor-faktor dari kesulitan membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan orangtua dengan subjek penelitian adalah seorang siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian ini adalah kesulitan membaca permulaan yang dialami seperti tidak lancar dalam membaca, banyak kesalahan dalam membaca, sulit membedakan huruf yang hampir mirip, dan kesalahan dalam pelafalan kata atau simbol bunyi. Faktor-faktornya adalah faktor internal yaitu minat dan kemampuan kognitif siswa serta faktor eksternal yaitu orangtua dan peralihan sistem pembelajaran era Covid-19

Published

31.10.2022

How to Cite

Hanisah, S. (2022). STUDI TENTANG KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 325–333. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.109