Peran Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Mutiara Sri Farhani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • M. Sulton Abdurrachim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Ananta Maulida Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Irni Eka Novianti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Teofilus Ardian Hopeman Department of Education and Human Potentials Development National Dong Hwa University

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.216

Keywords:

Karakter, Religius, Peran Guru, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan karakter religius pada siswa kelas II di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di MI Citamiang. Secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu teknik pengulangan informasi yang diperoleh dari sumber sehingga pada akhirnya data absah yang digunakan untuk mencapai hasil penelitian. Guru menggunakan metode demonstrasi dan teladan untuk membantu pemahaman siswa, menangani kesulitan siswa dengan menanyakan kesulitannya lalu memberikan solusi. Guru berhasil menerapkan pembiasaan mengucap salam saat memasuki kelas untuk membentuk karakter religius siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru telah melaksanakan perannya dengan baik dalam menumbuhkan karakter religius siswa melalui kegiatan di dalam dan di luar kelas

Published

31.01.2024

How to Cite

Farhani, M. S. ., Abdurrachim, M. S. ., Maulida, A., Novianti, I. E., & Hopeman, T. A. (2024). Peran Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.216