HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN IPS YANG BERMAKNA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Teofilus Ardian Hopeman Universitas Nusa Putra
  • Nur Hidayah MI Al-Azhar
  • Winda Arum Anggraeni SD Eka Tjipta Tasik Mas

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25

Keywords:

Reality Social Studies, Objective Social Studies, Characteristics Social Studies, Elementary Students

Abstract

Pada hakikatnya pembelajaran IPS sangat penting diajarkan kepada siswa sejak mereka menempuh pendidikan dasar. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya siswa yang masih belum memahami sepenuhnya setiap materi yang diajarkan pada pelajaran IPS Pada era revolusi 4.0 diharapkan pendidik dapat menfasilitasi peserta didik untuk dapat berpikir kritis terhadap masalah sosial dan kehidupan
sosial, kreatif dalam menanggapi hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sosial, pendidik mampu mengarahkan peserta didik untuk berdiskusi terhadap sesama dan juga melakukan kerja sama untuk menanggapi hal-hal dalam kehidupan bermasyarakat. Pembelajaran IPS pada tingkat sekolah dasar (SD) harus dibelajarkan kepeserta didik secara kontruktivis.terdapat 5 (lima) metode yang dapat diajarkan pada pembelajaran IPS antara lain cooperative based learning, design based learning, inquiry based learning, project based learning, dan problem based learning. Metode yang digunakan pada penilitian ini berupa kajian pustaka.

Published

31.07.2022

How to Cite

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. . (2022). HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN IPS YANG BERMAKNA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25