Peran Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Karakter Kejujuran Anak

Authors

  • Rahma Khairunnisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Elina Nurni Ayu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Riska Maulidya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Herinawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Teofilus Ardian Hopeman Department of Education and Human Potentials Development, National Dong Hwa University

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.217

Keywords:

Bimbingan Konseling, Layanan Pribadi, Karakter Jujur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan bimbingan pribadi terhadap karakter kejujuran anak. Subjek penelitian sebanyak 2 anak SD kelas V MI Cibolang kaler dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan pribadi memiliki pengaruh positif terhadap karakter kejujuran anak. Melalui observasi, ditemukan bahwa anak-anak yang menerima layanan bimbingan pribadi lebih cenderung menunjukkan perilaku jujur dalam berbagai situasi. Wawancara dengan anak-anak dan dokumentasi aktivitas bimbingan menegaskan peran signifikan layanan tersebut dalam membentuk nilai-nilai kejujuran. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan pandangan yang lebih jelas tentang pentingnya integrasi layanan bimbingan pribadi dalam pendidikan anak untuk mengembangkan karakter kejujuran sejak dini.

Published

31.01.2024

How to Cite

Khairunnisa, R., Ayu, E. N., Maulidya, R., Herinawati, & Hopeman, T. A. (2024). Peran Layanan Bimbingan Pribadi Terhadap Karakter Kejujuran Anak. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(1), 33–43. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.217