PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Authors

  • Mar'ati Fajrin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tina Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.43

Keywords:

Autisme, Pendidikan Inklusif, Interaksi Sosial, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dalam upaya untuk meningkatkan interaksi sosial anak autisme di sekolah dasar inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dan anak autisme yang bersekolah di sekolah inklusif, tepatnya di SDN 01 Kayu Manis, Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru adalah dengan memperlihatkan pengertian, rasa empati, kasih sayang, dan kesabaran dalam berkomunikasi dengan anak autisme. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan rasa ingin berbaur anak autisme dengan lingkungan sekitarnya

Published

31.07.2022

How to Cite

Mar’ati, & Rustini, T. (2022). PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 174–180. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.43