PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISME DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.43Keywords:
Autisme, Pendidikan Inklusif, Interaksi Sosial, Komunikasi InterpersonalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dalam upaya untuk meningkatkan interaksi sosial anak autisme di sekolah dasar inklusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dan anak autisme yang bersekolah di sekolah inklusif, tepatnya di SDN 01 Kayu Manis, Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru adalah dengan memperlihatkan pengertian, rasa empati, kasih sayang, dan kesabaran dalam berkomunikasi dengan anak autisme. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan rasa ingin berbaur anak autisme dengan lingkungan sekitarnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mar'ati Fajrin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.