PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTS KHAIRUDDIN GONDANGLEGI

Authors

  • Nur Al Maida Program Studi Pendidikan IPS, FIP Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Zahrotus Silvi Program Studi Pendidikan IPS, FIP Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.171

Keywords:

Mind Mapping, Student Motivation, IPS Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Khairuddin, Gondanglegi, Malang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Khairuddin sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan rata-rata mendapatkan nilai minimal angket motivasi belajar 75 dengan 3 orang siswa tuntas dan 10 orang siswa tidak tuntas dengan persentase nilai 69 pada siklus I dan 11 orang tuntas dengan presentase nilai 78,46 pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Khairuddin, Gondanglegi, Malang

Published

31.07.2022

How to Cite

Al Maida, N., & Silvi, Z. (2022). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTS KHAIRUDDIN GONDANGLEGI. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.171