ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA BUKU SISWA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Cyndiani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas NahdlatulUlama Kalbar
  • Siti Nur Asmah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas NahdlatulUlama Kalbar
  • Muhammad Aqmal Nurcahyo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas NahdlatulUlama Kalbar

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126

Keywords:

Learning Model, Project based Learning, Student Textbook

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Muatan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Buku Teks Siswa Tema 1 Pada Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pembelajaran pada subtema 1 (organ gerak hewan) diperoleh hasil sebesar 61% yang berkategori “cukup”. Selanjutnya nilai rata-rata pembelajaran pada
subtema 2 (manusia dan lingkungan) diperoleh hasil rata rata sebesar 39% yang berkategori “kurang sekali”. Dan terakhir nilai rata-rata pembelajaran pada subtema 3 (lingkungan dan manfaat) diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 72% yang berkategori “cukup”

Published

30.04.2023

How to Cite

Cyndiani, S. ., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA BUKU SISWA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126