Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Logis Matematis pada Siswa SMA

Authors

  • Wheni Putri Handini Universitas PGRI Jombang
  • Syarifatul Maf'ulah Universitas PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p378-388

Keywords:

Instrumen tes, Tes berpikir logis matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument tes berpikir logis matematis materi sistem persamaan linier tiga variabel yang valid, praktis, dan efektif pada siswa SMA. Jenis penelitian ini Reseach and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumentpenelitian ini adalahlembar validasi dan angket keterbacaan. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan jika tes kemmapuan berpikir logis matematis (TKBLM) materi sistem persamaan linier tiga variabel memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi TKBLM yaitu 95% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan jika berdasarkanangket keterbacaan, sebanyak 100% siswa, hasil angketnya menunjukkan presentase lebih dari atau sama dengan 75%, berada pada kategori praktis. Hasil uji keefektifan, menunjukkan jika setiap indikator dari berpikir logis matematis dapat dilihat melalui TKBLM. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan jika instrumen tes berpikir logis matematis materi sistem persamaan linier tiga variabel valid, praktis, dan efektif digunakan pada siswa SMA

Published

30.07.2025

How to Cite

Handini, W. P. ., & Maf’ulah, S. (2025). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Logis Matematis pada Siswa SMA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 378–388. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p378-388