Pengaruh Penggunaan Kartu Akrostik terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p517-523Keywords:
Kartu Akrostik, Keterampilan Menulis Puisi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu akrostik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Lamongan. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Non Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan kartu akrostik dan VB sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan kartu akrostik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian menulis puisi melalui tes pretest dan posttest. Instrumen penelitian ini dilakukan validasi ahli, serta dicari reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (87.5) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (60.18519). Berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu akrostik berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Lamongan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Berlin Zahra Juhana, Linaria Arofatul, Arfian Mudayan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.