PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA MELALUI VOICE NOTE SEBAGAI MEDIA DISKUSI

Authors

  • Dwi Cahaya Nurani STKIP Muhammadiyah Batang
  • Agung Supardjo Budi Rahardjo STKIP Muhammadiyah Batang
  • Fahmi Surya Adikara STKIP Muhammadiyah Batang

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.9

Keywords:

Voice Note, Media Diskusi, Keterampilan Berbahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia siswa melalui penggunaan voice note  pada platform Whatsapp sebagai media diskusi pada siswa kelas III SD Negeri Proyonanggan 01 tahun ajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta validitas isi. Teknis analisis data adalah analisis interaktif, teknik deskriptif komparatif, dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan voice note pada platform Whatsapp dapat meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa. Peningkatan keterampilan Berbahasa Indonesia siswa tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan Berbahasa Indonesia pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata keterampilan Berbahasa Indonesia siswa pada pratindakan hanya sebesar 69,8. Setekah mendapatkan tindakan di siklus I rata-rata kelas menjadi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,1. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa (90,90%) dari jumlah siswa seluruhnya. Hal ini membuktikan bahwa indikator kinerja penelitian, yaitu ketercapaian KKM ≥75 sebanyak 80% telah terpenuhi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan  voice note  pada platform Whatsapp sebagai media diskusi dapat meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Proyonanggan 01 tahun ajaran 2020/2021. 

 

Published

31.01.2022

How to Cite

Nurani, D. C. ., Rahardjo, A. S. B., & Adikara, F. S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA MELALUI VOICE NOTE SEBAGAI MEDIA DISKUSI. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.9