PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA MELALUI VOICE NOTE SEBAGAI MEDIA DISKUSI
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.9Keywords:
Voice Note, Media Diskusi, Keterampilan Berbahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia siswa melalui penggunaan voice note pada platform Whatsapp sebagai media diskusi pada siswa kelas III SD Negeri Proyonanggan 01 tahun ajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta validitas isi. Teknis analisis data adalah analisis interaktif, teknik deskriptif komparatif, dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan voice note pada platform Whatsapp dapat meningkatkan keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa. Peningkatan keterampilan Berbahasa Indonesia siswa tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan Berbahasa Indonesia pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata keterampilan Berbahasa Indonesia siswa pada pratindakan hanya sebesar 69,8. Setekah mendapatkan tindakan di siklus I rata-rata kelas menjadi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,1. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa (90,90%) dari jumlah siswa seluruhnya. Hal ini membuktikan bahwa indikator kinerja penelitian, yaitu ketercapaian KKM ≥75 sebanyak 80% telah terpenuhi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan voice note pada platform Whatsapp sebagai media diskusi dapat meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Proyonanggan 01 tahun ajaran 2020/2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Cahaya Nurani, Agung Supardjo Budi Rahardjo, Fahmi Surya Adikara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.