Kelayakan E-Modul Berbasis Proyek dan Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Susi Novita Sari Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Cacik Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p199-209

Keywords:

E-module, Project, Scientific Approach, Creative Thinking

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis proyek dan scientific approach yang memenuhi kriteria layak. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret - Mei 2025. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, bahasa, dan materi. Teknik pengumpulan data berupa angket yang digunakan ketika validasi ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor dan persentase hasil validasi, kemudian ditetapkan kriteria validitasnya. Hasil validasi materi, bahasa, dan media masing-masing mendapatkan skor 83,75%; 98%; dan 91,25%. Penilaian terhadap tingkat kelayakan produk mendapatkan rata-rata skor sebesar 91% yang berarti sangat valid dan sangat layak digunakan.

Published

16.07.2025

How to Cite

Sari, S. N., & Cacik, S. (2025). Kelayakan E-Modul Berbasis Proyek dan Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 199–209. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p199-209