Mengeksplorasi Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kualitas Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika

Authors

  • Riza Andriani Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.p52-60

Keywords:

Self-Eficacy, Kualitas Project, Media Pembelajaran Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dan kualitas proyek media pembelajaran fisika yang dikembangkan oleh mahasiswa Pendidikan Fisika semester dua di Universitas Riau. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan melibatkan lebih dari dua pertiga mahasiswa yang mengambil mata kuliah Media Pembelajaran Fisika (N = 48) melalui teknik convenience sampling. Efikasi diri diukur menggunakan versi adaptasi General Self-Efficacy Scale (GSE), sedangkan kualitas proyek dinilai pada skala 1–100 berdasarkan aspek navigasi dan logika interaktif, kesesuaian konten fisika, desain visual, dan kelengkapan fitur. Analisis data diawali dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, homogenitas, dan linearitas, yang seluruhnya memenuhi kriteria untuk pengujian parametrik. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif sedang (r = 0,408) antara efikasi diri dan kualitas proyek. Temuan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa dengan efikasi diri lebih tinggi cenderung menghasilkan media pembelajaran dengan kualitas lebih baik. Namun, efikasi diri bukan satu-satunya faktor yang menentukan kualitas proyek; keterampilan teknis, kreativitas, kolaborasi, dan manajemen waktu juga berpotensi memengaruhi hasil akhir. Penelitian merekomendasikan integrasi strategi peningkatan efikasi diri dalam pembelajaran berbasis proyek yang disertai pelatihan keterampilan khusus untuk mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa.

Published

31.01.2025

How to Cite

Andriani, R. (2025). Mengeksplorasi Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kualitas Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(1), 52–60. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i1.p52-60