Analisis Kemampuan Literasi Digital dalam Menumbuhkan Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UNRI
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.219Keywords:
Digital Literacy, Reading Interest, College StudentsAbstract
Era evolusi 4.0 telah mendorong munculnya generasi digital native, yang dipengaruhi oleh teknologi dan semakin banyak menggunakan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital sangat penting bagi para digital native ini untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas hidup mereka, salah satunya permasalahan rendahnya minat baca di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dalam menumbuhkan minat baca mahasiswa PGSD FKIP UNRI. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil 25% dari jumlah populasi yaitu 92 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja mahasiswa di sekolah PGSD FKIP UNRI. Rekomendasi dari penelitian ini termasuk mempromosikan literasi digital di kalangan mahasiswa, memastikan akses ke sumber daya digital, dan mengatasi tantangan yang terkait dengan literasi digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astrid Ramadhanti, Munjiatun (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.