Analisis Kemampuan Literasi Digital dalam Menumbuhkan Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UNRI

Authors

  • Astrid Ramadhanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Munjiatun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.219

Keywords:

Digital Literacy, Reading Interest, College Students

Abstract

Era evolusi 4.0 telah mendorong munculnya generasi digital native, yang dipengaruhi oleh teknologi dan semakin banyak menggunakan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari. Literasi digital sangat penting bagi para digital native ini untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas hidup mereka, salah satunya permasalahan rendahnya minat baca di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dalam menumbuhkan minat baca mahasiswa PGSD FKIP UNRI. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil 25% dari jumlah populasi yaitu 92 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja mahasiswa di sekolah PGSD FKIP UNRI. Rekomendasi dari penelitian ini termasuk mempromosikan literasi digital di kalangan mahasiswa, memastikan akses ke sumber daya digital, dan mengatasi tantangan yang terkait dengan literasi digital.

Published

31.01.2024

How to Cite

Ramadhanti, A. ., & Munjiatun. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Digital dalam Menumbuhkan Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UNRI. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(1), 57–72. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.219