PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL UNTUK MATA KULIAH BARTENDING

Authors

  • Sevi Suryani Universitas Negeri Jakarta
  • Nurlaila Abdullah Mashabi Universitas Negeri Jakarta
  • Mulyati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.141

Keywords:

learning media, e-module, bartending, ADDIE

Abstract

Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul untuk Mata Kuliah Bartending ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berupa e-Modul untuk mata kuliah Bartending dan menguji kelayakan media yang telah dikembangkan pada program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga khususnya konsentrasi Akomodasi Perhotelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan menghasilkan produk media pembelajaran berupa e-modul yang mencakup materi teori, yaitu Konsep Bar, Klasifikasi dan Struktur Organisasi Bar, Bar Layout, dan Beverages. Kelayakan e-modul ini dilihat berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas oleh subjek penelitian, yakni Ahli Materi, Ahli Media, serta responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Konsentrasi Akomodasi Perhotelan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji validitas oleh Ahli Materi sebesar 92,9%, hasil uji validitas oleh Ahli Media sebesar 95% , hasil uji perorangan oleh mahasiswa sebsar 95,6%, dan hasil uji coba kelompok kecil oleh mahasiswa sebesar 94,1% yang disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul untuk Mata Kuliah Bartending ini dinyatakan Sangat Layak dan Sangat Praktis.

Published

31.01.2023

How to Cite

Suryani, S., Mashabi, N. A., & Mulyati. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL UNTUK MATA KULIAH BARTENDING. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 37–51. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.141