PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SDN 005 BATU GAJAH

Authors

  • Fanny Fadillah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Program studi Pendidikan Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.41

Keywords:

course review Horay, Media Monopoli, Pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan IPA siswa, yang dilaksanakan di SDN 005 Batu Gajah pada semester genap TA 2021/2022 dengan subjek siswa kelas IV dengan jumlah 30 orang siswa. Bentuk penelitian ini adalah desain eksperimen, quasi experimen design (eksperimen semu) dengan rancangan Nonequivalent Control Group untuk mengetahui seberapa besar dampak atau pengaruh diterapkan model pembelajaran Course Review Horay dengan berbantuan media monopoli terhadap pengetahuan IPA siswa. Hasil analisis data yang diperoleh niai rata-rata sebelum diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yakni, 51,47. Kemudian setelah diberi perlakuan nilai rata-rata dari kelas ekperimen naik menjadi 81,33. Dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media monopoli terhadap pengetahuan IPA pada siswa kelas IV di SDN 005 Batu Gajah

Published

31.07.2022

How to Cite

Fadillah, F., & Putra, M. J. A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SDN 005 BATU GAJAH. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 181–189. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.41