PENGARUH BURNOUT TERHADAP PRODUKTIVITAS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS KUNINGAN

Authors

  • Yeni Septiani Universitas Kuningan
  • Meti Triariani Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.46

Keywords:

burnout, productivity, Student Productivity

Abstract

Dalam dunia akademik, burnout mengarah pada kondisi stress berat yang dialami oleh seseorang karena proses pembelajaran yang diikutinya terlalu monoton, serta memberikan banyak beban, sehingga dapat mengancam kesehatan fisik maupun psikisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis awal mengenai pengaruh burnout terhadap produktivitas mahasiswa PGSD di
Universitas Kuningan. Responden dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa PGSD di Universitas Kuningan yang berjumlah 95 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuosioner yang disebarkan melalui google form. Dalam pengujiannya, penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, serta analisis regresi yang dilakukan terhadap alat ukur untuk mengetahui hubungan antara burnout dan produktivitas mahasiswa PGSD di
Universitas Kuningan. Hasil dari uji t menunjukkan angka 0,001<0,005, hal ini membuktikan bahwa burnout memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap produktivitas mahasiswa PGSD di Universitas Kuningan, yaitu sebesar 32,5%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa burnout memiliki pengaruh negatif yang menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas mahasiswa PGSD di Universitas Kuningan. Solusi untuk mengatasi burnout dapat dilakukan dengan cara menentukan prioritas yang tepat, mengurangi ekspektasi pada diri sendiri, serta memberikan apresiasi terhadap diri sendiri.

Published

31.07.2022

How to Cite

Septiani, Y., & Triariani, M. (2022). PENGARUH BURNOUT TERHADAP PRODUKTIVITAS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS KUNINGAN. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 161–167. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.46