PENGARUH MEDIA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI AKAR DAN BATANG KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Sari Rachmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, Indonesia
  • Septi Budi Sartika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.176

Keywords:

The Effect, Real Media, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa SD kelas IV pada materi akar dan batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimen. Populasi dan sampel siswa SDN Gempol Kelas IV. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, yang selanjutnya instrumen soal diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan perhitungan selisih antara pretes dan posttes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa, melalui nilai pre test dan post test pada  16 siswa berkategori tinggi dan efektif, 17 siswa berkategori sedang dan cukup efektif dan 2 siswa berkategori rendah dan tidak efektif, dengan demikian siswa yang berkategori sedang ke atas adalah 33 siswa. Kesimpulan penelitian ialah ada pengaruh media nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi akar dan batang di siswa SD kelas IV. Media nyata ini dapat dijadikan rekomendasi kepada tenaga pendidik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di SD.

Published

30.04.2023

How to Cite

Rachmawati, D. S. ., Setiyawati, E., & Sartika, S. B. . (2023). PENGARUH MEDIA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI AKAR DAN BATANG KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 136–146. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.176