PENGARUH MEDIA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI AKAR DAN BATANG KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.176Keywords:
The Effect, Real Media, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa SD kelas IV pada materi akar dan batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimen. Populasi dan sampel siswa SDN Gempol Kelas IV. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, yang selanjutnya instrumen soal diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan perhitungan selisih antara pretes dan posttes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa, melalui nilai pre test dan post test pada 16 siswa berkategori tinggi dan efektif, 17 siswa berkategori sedang dan cukup efektif dan 2 siswa berkategori rendah dan tidak efektif, dengan demikian siswa yang berkategori sedang ke atas adalah 33 siswa. Kesimpulan penelitian ialah ada pengaruh media nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi akar dan batang di siswa SD kelas IV. Media nyata ini dapat dijadikan rekomendasi kepada tenaga pendidik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Sari Rachmawati, Enik Setiawati (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.