PENGARUH MEDIA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI AKAR DAN BATANG KELAS IV DI SDN GEMPOL I
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.176Keywords:
Real Media, Learning Outcomes, SciencesAbstract
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru dalam memberikan materi belajar di dalam kelas. Penelitian ini akan menunjukkan pengaruh media nyata terhadap hasl pembelajaran materi IPA akar dan batang pada kelas IV SDN Gempol 1. Penelitian ini menggunaka jenis penelitian kuantitatif pra eksperimen. Pengumpulan data menggunakan soal tes dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan perhitungan selisih antara pre tes dan post tes. Hasil dari penelitian ini menunjukan media pembelajaran nyata berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil nilai siswa. Dapat dibuktikan pada Uji Independent Sample T-Test menunjukkan hasil nilai rata-rata pre test adalah 35.57 dan hasil nilai rata-rata post test adalah 78.57, maka dari hasil rata-rata menunjukkan peningkatan pada nilai kognitif. Serta dapat dibuktikan dalam uji N-Gain menunjukkan hasil pre test dan post test pada 19 siswa berkategori tinggi dan efektif, 15 siswa berkategori sedang dan cukup efektif dan 1 siswa berkategori rendah dan tidak efektif. Dari data diatas siswa yang berkategori sedang ke atas adalah 34 siswa maka 97% menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa setelah menggunakan media nyata oleh karena itu ada pengaruh yang besar dalam Pengaruh media nyata terhadap hasil belajar materi IPA akar dan batang pada kelas IV di SDN Gempol I.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Sari Rachmawati, Enik Setiawati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.