Hambatan Guru Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.214Keywords:
Barriers, Thematic Learning, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hambatan yang dihadapi oleh guru pada pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja hambatan yang telah dihadapi oleh guru pada pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar dan bagaimana solusinya. Tujuan dari penelitian ini memanfaatkan studi dokumen dan hasil penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan melalui penelusuran jurnal elektronik seperti internet dan Google Scholar dengan kata kunci terfokus pada implementasi guru dalam menghadapi kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik terjadi dalam tiga tahapan yakni pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam menghadapi semua hambatan yang ada, diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua komponen pendidikan agar hambatan dapat diatasi dengan baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabilah Nur Azmi, Irma Yunita Sari, Muhammad Suwignyo Prayogo (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.