Hambatan Guru Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar

Authors

  • Nabilah Nur Azmi Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq
  • Irma Yunita Sari Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq
  • Muhammad Suwignyo Prayogo Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.214

Keywords:

Barriers, Thematic Learning, Elementary School

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hambatan yang dihadapi oleh guru pada pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja hambatan yang telah dihadapi oleh guru pada pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar dan bagaimana solusinya. Tujuan dari penelitian ini memanfaatkan studi dokumen dan hasil penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan melalui penelusuran jurnal elektronik seperti internet dan Google Scholar dengan kata kunci terfokus pada implementasi guru dalam menghadapi kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik terjadi dalam tiga tahapan yakni pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam menghadapi semua hambatan yang ada, diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua komponen pendidikan agar hambatan dapat diatasi dengan baik.

Published

31.01.2024

How to Cite

Azmi, N. N. ., Sari, I. Y., & Prayogo, M. S. (2024). Hambatan Guru Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.214